Secara umum, catu daya atau power supply HP adalah perangkat elektronik yang sanggup menyediakan energi listrik untuk perangkat lainnya, dalam kasus ini adalah ponsel. Energi listrik yang diperlukan power supply nantinya akan diubah menjadi sumber tenaga baru untuk kebutuhan perangkat lain. Hal ini pula yang membuat alat tersebut disebut sebagai electric power converter.

Jenis power supply yang tersedia di pasaran juga terbilang banyak. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilihnya, antara lain:

Besaran watt

Power supply atau catu daya punya batasan tenaga atau energi listrik yang diproses dengan satuan watt. Besaran watt pada power supply yang diproduksi sangat bervariasi, dari 200W hingga 1.500W. Semakin tinggi besaran watt yang diproses, makin mahal harga yang dipatok pada power supply.

Label yang tertera

Untuk memudahkan calon pembeli dalam memilih catu daya, biasanya ada label yang memperlihatkan keterangan energi listrik yang diproses. Meski begitu, ada baiknya pastikan apakah power supply teknisi HP tersebut memang punya besaran watt yang tercantum pada label?

Kualitas build

Salah satu tanda power supply bagus adalah kualitas build-nya yang memadai. Dalam hal ini, komponen dalam perangkat seperti transformer dan kapasitor harus memenuhi standar. Selain itu, produsen juga biasanya menyediakan garansi, bahkan sampai 10 tahun.

Rating 80 PLUS® 

Jika Anda memang ingin mendapatkan power supply yang benar-benar bagus, maka carilah yang punya label 80 PLUS®. Label tersebut menandakan power supply punya tingkat tingkat efisiensi hingga 80%. Akan tetapi, sekali lagi, Anda harus hati-hati saat memilahnya.

Jenis kabel

Catu daya dengan modular berarti dilengkapi kabel yang mudah dibongkar-pasang. Ada pula power supply yang menghadirkan fitur semi-modular dan non-modular bagi Anda yang punya bujet terbatas atau membutuhkan perangkat simpel.

Sebagai rekomendasi, ada Power Supply Cody 3005DT | Power Supply 30V 5A – CODY yang sudah dilengkapi dengan indikator LED dengan kekuatan ampere hingga 0-5A yang bakal memaksimalkan perbaikan ponsel milik Anda.