Seperti yang anda ketahui bahwa solder uap memiliki keunggulan tertentu dibanding dengan solder lainnya. Salah satu keunggulannya adalah kegunaannya yang praktis dan aman karena solder ini tidak bersentuhan langsung dengan timah secara fisik. Oleh karena itu, alat yang biasanya disebut dengan blower hot air ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dari solder biasanya.

Sebelum membeli solder jenis ini, ada baiknya anda mengenal jenis-jenis blower hot air sebagai berikut.

1. Blower Hot Air Jenis Analog

Solder jenis ini berfungsi seperti blower hot air pada umumnya yaitu melakukan proses perbaikan dan pemasangan kembali pada komponen-komponen sparepart, misalnya resistor surface, IC mungil SMD, kondensator, dan lain-lain.  Dari segi bentuk, solder jenis ini dilengkapi dengan tiga unit mata sembur blower dan tiga lubang sembur dengan ukuran yang berbeda-beda.

Anda perlu menggunakan pinset atau alat pencabut saat mencabut IC SMD supaya timah tidak menempel lagi ketika kaki IC mulai melebur.

2. Blower Hot Air Jenis Portable

Perbedaan dari solder jenis ini adalah dari segi penggunaannya. Solder uap jenis portable lebih simple dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja. Anda juga tidak perlu repot-repot mencari colokan listrik untuk menggunakan solder ini. Solder ini biasanya juga memiliki spesifikasi berupa trafo dengan tegangan paling besar 24vAC.

Anda juga perlu memperhatikan rata-rata konsumsi daya dengan maksimal kurang lebih 450 Watt. Suhu yang dimiliki pun biasanya di antara 100 hingga 350 derajat celcius.

3. Solder Uap Digital

Solder jenis yang terakhir adalah solder uap digital. Solder ini biasanya didesain dengan bentuk yang lebih minimalis serta memiliki digital LED pada tampilannya sehingga menghemat ruangan. Ada juga solder uap digital yang menyediakan tiga tombol untuk memilih suhu panas di antaranya 100, 300 dan 400 derajat celcius. 

Lebih bagusnya lagi, solder ini juga dilengkapi sensor otomatis saat gagang blower dikembalikan pada tempatnya dan menyala saat gagang blower diambil dari tempatnya.

Itu tadi sekilas tentang tiga jenis solder uap yang perlu anda ketahui, anda pilih yang mana?