Layaknya sebuah otak manusia, power supply HP merupakan bagian terpenting dalam membangkitkan daya ponsel yang telah mati total. Selain itu, peran alat ini sangat berpengaruh dalam menganalisa seberapa parah kerusakan yang ada dalam ponsel anda.

Oleh karena itu, anda perlu teliti sebelum membeli power supply karena jika anda membeli power supply palsu dapat berakibat fatal. Tak memungkiri bahwa komponen-komponen yang ada di dalam ponsel anda akan mengalami kerusakan jika power supply yang anda gunakan palsu.

Berikut tips membedakan power supply yang asli dan palsu.

1. Perhatikan Harga Power Supply Yang Ditawarkan

Power supply yang asli biasanya dibanderol dengan harga yang mahal, sedangkan power supply palsu dikenakan harga yang relatif murah. Namun anda jangan tergiur dengan harga murah karena bisa saja power supply tersebut menggunakan watt palsu sehingga dapat merusak komponen ponsel. Lebih baik mahal tetapi dapat menjaga kualitas fungsi power supply dengan baik untuk jangka panjang.

2. Terdapat Nomor Serial (Serial Number)

Yang membedakan power supply yang asli dengan lainnya adalah nomor serial. Anda bisa mengeceknya melalui nomor serial dari produsen. Nomor serial dicetak pada produk dengan tujuan bahwa produk tersebut benar-benar dibuat dari brand produsen. Nomor seri juga menunjukkan bahwa kualitas produk diakui secara internasional sesuai dengan sertifikat yang dimilikinya.

3. Power Supply HP Yang Asli Memiliki Label Spesifikasi Ampere Dan Voltase

Perhatikan label spesifikasi voltase dan ampere pada power supply. Untuk mengecek produk power supply, anda bisa mendeteksinya melalui multimeter. Apabila hasil jarum sama dengan label power supply, berarti power supply yang anda gunakan asli.

4. Bobot Power Supply Yang Asli Lebih Berat

Power supply memiliki bobot yang berbeda-beda, tetapi power supply yang asli memiliki bobot yang lebih berat. Hal ini dikarenakan power supply dilengkapi komponen berkualitas tinggi mulai dari lilitan kabel, ketebalan serat tembaga serta jumlah kapasitor.

Nah, itu dia yang membedakan power supply HP yang asli dengan palsu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda sebelum membeli power supply.