solder uap merupakan hasil pengembangan dari solder konvensional yang sudah lebih dulu digunakan dalam reparasi part elektronik. Jenis solder ini sangat direkomendasikan untuk perbaikan pada sparepart handphone. Dalam cara kerjanya, blower hot air tidak bersentuhan langsung dengan timah atau tinol maupun titik yang akan dihubungkan. harga solder uap biasanya memang sedikit lebih mahal dibanding solder konvensional karena jenis solder ini memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi.

Jika membandingkan antara keduanya, baik solder uap maupun solder konvensional sama-sama memiliki keunggulan tersendiri. Jika dilihat dari sisi energi listrik yang digunakan, solder konvensional mengkonsumsi energi listrik lebih sedikit dibanding solder uap sehingga penggunaannya jauh lebih hemat. Namun dari sisi fungsi, solder uap lebih unggul dibanding solder konvensional. Solder uap dapat melelehkan patrian berpenampang tebal dengan suhu tinggi yang dimilikinya. Selain itu solder uap juga dapat digunakan untuk memasang maupun melepas komponen SMD yang sulit dijangkau oleh solder konvensional.

Cara penggunaan solder uap hampir sama dengan solder konvensional. Setelah terhubung pada stop kontak, solder bisa langsung digunakan. Bedanya pada solder uap terdapat kontrol pengaturan suhu dan udara sehingga Anda dapat mengaturnya sesuai jenis kebutuhan. Penggunaan blower sangat tergantung pada tipe perangkat yang disolder. Hal ini berkaitan erat dengan tekanan udara dan settingan panas pada blower.

Teknisi perbaikan televisi biasanya lebih sering menggunakan solder konvensional dibanding solder blower. Bukan berarti ia tidak membutuhkan solder uap. Sedangkan teknisi handphone lebih sering menggunakan solder uap untuk menjangkau part-part yang sangat detail dalam perangkat berukuran kecil tersebut.

Penggunaan solder uap biasanya membutuhkan alat bantu berupa pinset untuk memegang maupun menarik komponen pada part elektronik. Yang perlu sangat diperhatikan dalam penggunaan solder uap adalah tekanan anginnya. Jika tekanan angin yang dihembuskan terlalu kencang, dikhawatirkan komponen-komponen kecil pada pada papan PCB dapat tercabut. Oleh sebab itu, sebelum penggunaannya pastikan Anda sudah melakukan pengaturan temperatur suhu dan tekanan angin yang tepat ada solder uap.